Upaya Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Dengan Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak Di Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu

Authors

  • Hannah Prodi Pendidikan Agama Islam Unwir
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.10

Keywords:

Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Mixed Methods

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai ilmu tajwid dan cara membaca Al-Qur’an dengan tartil dan fasih kepada anak-anak di desa Pranggong. Metode yang digunakan adalah Mixed Methods atau penelitian kombinasi, model Concurrent Embedded (campuran tidak berimbang) yaitu dengan cara pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang dalam pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, wawancara, observasi, dan sharing seksama. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kepada siswa kelas V SDN 3 Pranggong dan perhitungan hasil menggunakan metode uji N-Gain, dengan hasil nilai rata-rata N-Gain Score SPSS pada 34 siswa kelas V SDN 3 Pranggong adalah sebesar 82,1464 atau 82,1% yang bila diterjemahkan dari Hake,R. R, 1999 termasuk dalam kategori efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Hannah, & Didik Himmawan. (2023). Upaya Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Dengan Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak Di Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i1.10

Issue

Section

Articles