The Role of Calligraphy in Increasing the Maharah Kitabah

Authors

  • Ismi Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ainur Rahma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Desi Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Farhatul Fadhilah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sahkholid Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.34

Keywords:

Bahasa Arab, Kaligrafi, Maharah Kitabah, Khat

Abstract

Belajar merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan sebuah pengetahuan. Dalam pembelajaran bahasa arab terdapat empat keterampilan yang harus ditingkatkan, salah satunya adalah maharah kitabah . Salah satu cara peningkatan keterampilan dalam menulis (maharah kitabah ) adalah dengan cara menulis kaligrafi. Kaligrafi memiliki peran dalam meningkatkan mahārah kitābah  dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui sejauh mana peran kaligrafi dalam meningkatkan kemahiran dalam menulis (maharah kitabah) dan mendeskripsikan nya secara menddalan mengenai hasil dari penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan menggunakan dua model data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer pada penelitian ini adalah wawancara kepada narasumber dan data sekunder pada penelitian ini adalah library research. Hasil dari penelitian mengenai peran kaligrafi dalam meningkatkan maharah kitabah  maharah kitabah adalah dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajarab kaligrafi, sehingga jika seorang individu mahir dalam menulis kaligrafi, sudah dapat dipastikan bahwa individu tersebut memiliki keterampilan dalam menulis huruf Arab (maharah kitabah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Fauzi, M., & Thohir, M. (2021). Pembelajaran Kaligrafi Arab untuk Meningkatkan Maharah Al-Kitabah. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 226. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i2.6554

Ichsan, S. M. (2022). Teologi Berbasis Ekonomi (Darul Arqam - PT. global Ikhwan); Studi Atas Strategi Dakwah Ashari Ibn Muhammad. Bidayah, 13(2).

Kitabah, A. (2023). Fungsi Pembelajaran Kaligrafi Dalam Meningkatkan Maharah. 1(4).

Kuraedah, S. (2015). APLIKASI MAHARAH KITABAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Sitti Kuraedah. Al-Ta’dib, 8(2), 82–98.

Latifah Salim. (2016). Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Sastra Arab. vol 4/no 2, 77–90.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15

Nasution, S. (2017). Pengantar Linguistik Bahasa Arab (Moh. Kholison (ed.); I). CV. LISAN ARABI.

Nasution, S. (2022). KAMUS PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH (Makalah, Skripsi, Tesis dan Disertasi) Indonesia – Arab, Arab – Indonesia (Zulheddi (ed.)). Perdana Publishing.

Nasution, S., & Ningrum, W. (2021). Pembelajaran Mahārah Kitābah Pada Masa Pendemi Covid-19: Menakar Kreativitas Guru Madrasah Tsanawiyah Di Sumatera Utara. Tifani, 1, 13–20.

Nasution, S., & Zulheddi. (2019). Strategi Pemelajaran Aktif untuk Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Arab. Seminar Internasional Dinamika Pendidikan Islam, 701–715.

Ni’ma, A. A. (2022). Penggunaan Seni Kaligrafi Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis ( Maharah Kitabah ). Tifani, 2(1), 55–60.

Ni’mah, K. (2019). Khat dalam Menunjang Kemahiran Kitabah Bahasa Arab. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 6(2), 263–284.

Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, TARBIYA ISLAMICA ISSN (p): 2303-3819-; ISSN (E):, 1, 1–8. http://ojs.iaisambas.ac.id/index.php/Tarbiya_Islamica/index

Syafi’i, A. G., & Masbukin. (2021). Kaligrafi dan Peradaban Islam Sejarah dan Pengaruhnya bagi Kebudayaan Islam di Nusantara. Nusantara: Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 17(2), 67–75.

Turzillo, A. M., Campion, C. E., Clay, C. M., & Nett, T. M. (2011). ASAL USUL BAHASA ARAB. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 135(4), 108–123.

Waqfin, M. S. I. (2021). Pelatihan Dibidang Seni Kaligrafi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 2–5.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ismi Khairani, Ainur Rahma, Desi Susanti, Farhatul Fadhilah, & Sahkholid Nasution. (2023). The Role of Calligraphy in Increasing the Maharah Kitabah. Quality : Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 157–168. https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.34

Issue

Section

Articles